Senin, 25 Juli 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS ₳ Asrip,S.Pd.

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBERIAN TEKNIK
PENGUATAN SISWA SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG


1. 1 Latar Belakang Masalah

Selama manusia hidup di dunia tidak akan terlepas akan kegiatan pendidikan, sebab dengan melalui pendidikan akan meningkatkan kualitas manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, disiplin, terampil, sehat jasmani, dan rohani.

Jenjang pendidikan forman dapat dimulai dari TK, SD, SMP, sampai tingkat perguruan tinggi.
Pada tingkat SMP siswa dituntut untuk mampu memahami bermacam-macam disiplin ilmu, Salah satunya mata pelajaran yang ada, yaitu Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK).

“Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang di desain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan , berperilaku hidup sehat, sportif, dan kecerdasan emosi”. (Depdiknas, 2006:1).

Dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) siswa diharapkan mempunyai kompetensi dalam permainan Bola Voli.
“Permainan bola voli meliputi : peraturan, servis, passing, smash, blok”. (Roji, 1989:238). Keterampilan passing, baik passing bawah maupun passing atas bukanlah hal mudah. Di samping faktor pengetahuan, fisik, dan frekwensi latihan, juga harus ditunjang dengan teknik pembelajaran. Ketepatan teknik pembelajaran dapat membantu siswa dalam melakukan passing permainan bola voli.
2
Berdasarkan uraian di atas, penulis memandang perlu mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang upaya peningkatan keterampilan passing bawah permainan bola voli melalui pemberian teknik penguatan siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar